Photography

All about my photo's

Selasa, 08 Oktober 2013

Cara Mambuat Stop Motion dan Alat-alat yang Dibutuhkan

Haii sobat,
Saya mau berbagi ilmu nih, siapa tau dapat membantu dalam pengerjaan proyek stop motion.
Saya awali dengan pengertian stop motion itu sendiri.
Stop motion merupakan deretan dari sejumlah foto yang di gabung untuk menghasilkan sebuah hasil berupa video dimana foto yang kita gabungkan seolah-olah bergerak.
Stop motion bisa kita jadikan sebagai hadiah (gitf) untuk teman ataupun pacar.

Alat-alat yang kita butuhkan dalam mengerjakan stop motian yaitu sebuah kamera untuk menghasilkan foto, triport yang berfungsi untuk memastikan posisi kamera tidak bergerak pada saat pengambilan gambar, dan Windows Live Movie Maker yaitu software untuk menggabungkan sejumlah foto yang telah kita hasilkan.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah, pengambilan beberapa foto yang akan kita jadikan stop motion. Dalam pengambilan foto, usahakan pergerakan dari foto yang satu ke foto yang lainnya tidak terlalu jauh atau sangat berbeda. hal ini bertujuan agar hasilnya lebih maksimal, yaitu foto benar-benar bergerak secara sempurna dan dapat membuat penonton tertipu.
Langkah berikutnya yaitu menggabungkan semua foto yang telah berhasil kita abadikan menggunakan software Windows Live Movie Maker. Dengan software ini, kita dapat mengatur waktu penampilan setiap foto dan jeda waktu setiap foto. Kita juga dapat menambahkan musik atau sejenisnya untuk mengiringi setiap pergerakan foto yang kita lakukan. usahakan lama waktunya lagu sesuai dengan lamanya stop motion yang kita kerjakan. kita juga bisa menambahkan video kalau itu memang dibutuhkan.

Setelah semua tahap sudah selesai dikerjakan, dan udah fix, sekarang saat nya kita menyimpan file stop motion yang kita kerjakan. Pada menu Save, kita diberikan banyak pilihan seperti  360p,720p dan lain sebagainya. Jadi pilih file penyimpanan sesuai dengan kebutuhan video yang akan kita kerjakan.

Selamat mencoba


Note: Usahakan waktu penampilan setiap foto tidak lebih dari 1 menit, sehingga foto bergerak lebih cepat dan terlihat seperti sebuah video. Akan tetapi jangan terlalu cepat, agar orang dapat manikmati isi dari stop motion yang kita kerjakan.

Berikut contoh Video Stop Motion yang berhasil saya kerjakan












Stop Motion Animation

Twist

Our Holiday

Talak-talak