Photography

All about my photo's

Senin, 18 Februari 2013

Termodinamika



         Jika suatu sistem berada pada kesetimbangan termal, kesetimbangan kimia, dan kesetimbangan mekanik, maka system tersebut berada pada keadaan setimbang termodinamika. Dalam keadaan setimbang antara variabel-variabel sistem memberikan gambaran mengenai keadaan  sistem. Hubungan antara variable-variabel tersebut disebut persamaan keadaan sistem. Perubahan salah satu atau lebih variabel keadaan sistem disebut proses. Jadi proses dalam termodinamika dapat diartikan sebagai:

            Proses merupakan  interaksi antara sistem dan lingkungan yang mengubah keadaan sistem dari keadaan kesetimbangan awal menjadi kesetimbangan akhir. Perubahan ini terdiri dari beberapa proses antara lain:

v  Proses quasi statik, yaitu merupakan proses yang berlangsung sangat lambat sehingga perubahan koordinat termodinamikanya dari waktu ke waktu sangat kecil sekali. Setiap saat sistem hampir-hampir dalam keadaan setimbang termodinamika, sehingga selama proses quasi statik dianggap berada dalam keseimbangan. Sebenarnya prosos quasi statik tidak ada dan merupakan proses ideal yang digunakan untuk mempermudah pembahasan. Proses yang sebenarnya dapat di temukan dalam kenyataan adalah proses non quasi statik.
Proses non quasi statik merupakan kebalikan dari proses quasi statik yaitu dimana keadaannya tidak setimbang.
v  Proses isokhorik/isovolumik, isobarik dan isothermal
Proses isokhorik/isovolumik merupakan proses yang berlangsung pada volume yang tetap. Jika gas melakukan proses termodinamika dalam volume yang konstan, gas dikatakan melakukan proses isokhorik. Itu dikarenakan gas berada pada volume yang konstan.

Proses isobarik merupakan proses yang berlangsung pada tekanan yang tetap. Jika gas meakukan proses termodinamika dengan menjaga tekanan yang konstan, maka gas dikatakan melakukan proses isobarik.

Proses isothermal merupakan proses yang berlangsung pada temperatur yang tetap. Ini terjadi ketika suatu sistem berada dalam kontak dengan reservoir panas luar, dan perubahan terjadi perlahan cukup untuk memungkinkan system untuk terus-menerus menyesuaikan diri dengan suhu reservoir melalui pertukaran panas.
v  Proses reversibel
Proses reversibel merupakan  proses  dari  suatu  keadaan  awal  ke keadaan tertentu dan dari keadaan akhir tersebut dimungkinkan terjadinya   proses balik ke keadaan awal  kembali melalui jalan yang sama. Akan tetapi pada nyatanya tidak ada proses reversibel terjadi 100%, karena selalu ada kerugian energy selama proses berlangsung
v  Proses irreversibel
Proses irreversibel merupakan kebalikan dari proses reversibel dimana proses nya tidak dapat kembali dari akhir ke awal melalui jalan yang sama.

Can't sleep

Sekarang pukul 1.09, tapi mata gw tetap aja g bisa merem. Padahal besok harus kuliah pagi pukul 7.30 dan enggak bisa telat atau enggak bisa absen sama sekali :by MR. Hikam". PR banget kan punya dosen seperti itu. Tapi dinikmati aja lah.

11,12,13,14,15,dan 16. Itu tanggal minggu kemaren dan banyak terjadi hal yang bisa dikatakan tidak seperti biasanya. bayangin aja sob gimana rasanya selama 6 hari gw enggak kemana-mana. gw hanya kekampus buat kuliah dan setelah itu gw ngautis dikosan teman ampe malam dan balik ke kosan gw buat istirahat.
Pasti bosen banget kan. wkwkwkw
Tapi rasa bosan itu enggak terlalu berasa buat gw. Karena gw ngelakuinnya bukan sendirian, tp bareng teman-teman gw yang sama kelainannya ama gw. 
Aktivitas kita yang menjadi rutinitas yaitu bermain PES. Dan minggu ini gw tetap menjadi jablay PES karena enggak pernah menang melawan siapapun. hehehehe
Gw dan tetem-temen gw. Semakin lama kita semakin deket. Kegilaan dan tertawa hal yang enggak pernah hilang dari kita-kita dari dulu, apalagi klo udah ngumpul bareng. 
Menyenangkan emang.

Oh iya, untuk membayar waktu gw yang selama seminggu enggak kemana-mana, sabtu kemaren gw ngajak temen SMA gw yang ada di jakarta buat ngumpul barengdi tempat yang lumayan asik. Tapi sebelum kesana, gw ke FIB dulu buat nepatin janji ama teman. Janji nonton dia di acara perform musik biolanya dia. Habisa dari sana, baru dah gw menuju TKP di kemang. :)
Disana biasalah kita cerita-cerita dan ketawa bareng. apalagi ada temen gw yang lagi demen ama cewek. Dan cewek itu temen gw juga. Dan dia juga temen tuh cowok. nah looooh, ribet kan. hahaha
Yah serunya disitu, ngecengin orang yang lagi kasmaran. sebut aja inisial Henni dan Ipanto. *inisial atau nama asli tuh??? 

Biasalah klo cowok ngumpul, topik habis, kembali ke topik yang udah umum di kalangan paca cowok-cowok. apalagi klo bukan ngebahas tentang itu tuh. Kalau orang dewasa menyebutnya "pasangan hidup". heheh
setelah ngobrol ini itu, akhirnya.......kita enggak dapat apa-apa. semua yang kita lakuin hanya buat menghabiskan waktu doang.
Tapi gw kmrn di kenalin ama temen nya temen gw. Katanya siiiiih orangnya baik berinisial blablabla. *rahasia.
Dan emang keliatannya sejauh ini orangnya ramah.
kalau ditanya kedepannya gmn???? jawabannya hanya "belom tau karena belom terlalu kenal". Tapi nanti bakalan ada jawaban yang pasti. 

karena kita belom menemukan jawabannya jadi ....

*to be continued